بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Minggu, 19 Juni 2016

Usaha Ibu Rumah Tangga

Di rumah. Sebagian besar wanita terutama ibu rumah tangga sering mengalami hal ini. pekerjaan hanya berfokus pada mengurus rumah yang diantaranya adalah membersihkan rumah dan memasak. Masalah ini tidak hanya dialami oleh ibu rumah tangga, namun juga mahasiswa yang baru saja lulus. Bingung mau mencari pekerjaan apa dan bingung untuk melakukan apa.

Alasan membuka usaha di rumah

Alasan-alasan lainnya yang memutuskan untuk melakukan usaha di rumah untuk wanita antara lain adalah:

  • Bosan hanya dapat berdiam diri dirumah tanpa melakukan apapun yang seharusnya dapat dilakukan.
  • Ingin belajar mandiri dengan cara mendirikan usah sendiri.
  • Tidak mau bekerja sebagai pekerja kantoran yang harus bekerja sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
  • Mencoba peruntungan dengan usaha yang akan dilakukan.
  • Membuka lapangan pekerjaan baru.
  • Mendapatkan pendapatan tambahan untuk kebutuhan sehari-hari.

Sebelum memulai usaha, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu:

  • Mengenai waktu. Pembagian waktu harus cermat agar tidak mengganggu waktu yang digunakan untuk usaha atau berbisnis dan waktu untuk pribadi misalnya untuk keluarga dan untuk refresing.
  • Banyak sedikitnya modal yang dimiliki mempengaruhi jenis usaha yang akan dirintis. Jika memiliki jumlah modal yang lumayan banyak, dapat merintis usaha yang lumayan besar atau hasil produksi yang banyak.
  • Jenis usaha yang akan dilakukan misalnya usaha mengenai kuliner atau hanya menjadi reseler atau distributor ataupun hanya memberikan jasa kepada konsumen.

Cermat sebelum membuka usaha

Yang paling penting dalam hal yang harus dilakukan sebelum memulai usaha di rumah untuk wanita adalah cermat dalam memilik usaha. Sebelum memulai usaha, sebaiknya para calon pengusaha melakukan survey terlebih dahulu ke beberapa tempat atau mengamati keadaan di sekitar rumah. Mengamati secara cermat situasi dan kondisi yang ada di sekitar rumah dapat membantu dalam menentukan jenis usaha yanga kan dilakukan. Misalnya di sekitar rumah tidak ada yang menjual pakan ikan, maka Anda dapat memulai usaha untuk pakan ikan.

Mensurvey beberapa tempat dan barang yang akan digunakan atau barang yang hampir sama dengan hasil produksi yang akan dikerjakan dapat menentukan dalam penetapan harga jual minimal. Misalnya survey tentang harga kain yang akan digunakan untuk membuat tas per meternya atau per kilonya dengan harga kain secara banyak atau lebih dari 1 meter. Karena mungkin jika membeli banyak sekaligus akan mendapatkan harga yang lebih murah daripada membeli per meternya. Hal ini dapat berpengaruh dalam penentuan harga jual hasil produksi per buahnya.

Bisnis rumahan dapat dilakukan oleh siapapun termasuk wanita Indonesia. Beberapa jenis usaha rumahan yang dapat menjadi alternatif untuk dilakukan diantaranya yaitu:

  1. Bisnis makanan, misalnya catering dan produksi kue.
  2. Bisnis kerajinan tangan. Daripada membuang-buang skill yang dapat dijadikan sebagai modal untuk usaha, lebih baik menggunakannya untuk membuat benda yang dapat menghasilkan uang. Misalnya membuat syal.
  3. Konveksi rumahan.
  4. Bisnis online dan usaha di rumah yang cocok untuk wanita


Jenis usaha di rumah untuk wanita lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan bisnis online. Semakin maju zaman, semakin banyak bisnis yang lebih cepat dikembangkan dengan cara online. Misalnya yaitu dengan menjadi reseller atau menjualkan barang produksi milik orang lain ke konsumen. Selain tidak membuang tenaga untuk memproduksi sesuatu dan harus mensurvey barang yang akan diproduksi, menjadi reseller dapat melatih kemampuan untuk berdagang sebelum akhirnya memulai untuk membuka usaha sendiri dan juga untuk mencari pengalaman dalam berbisnis terlebih dahulu.

Bisnis online lainnya adalah dengan cara membuka online shop. Tidak perlu membutuhkan tempat yang luas, dapat menghemat tenaga, dan tentunya dapat dikerjakan di rumah. Usaha yang dilakukan dengan cara online lebih dapat berkembang karena konsumen atau pembeli tidak hanya terpaku pada masyarakat di sekeliling rumah, namun juga dari tempat yang jauh. Usaha dirumah lainnya adalah jual beli saham. Namun, untuk usaha ini tidak semua orang dapat melakukan karena pelakunya diharuskan untuk memahami dan mengerti cara jual beli saham.

Jadi,Untuk menjalankan bisnis rumahan kita perlu memahami apa yang dimaksud kewirausahaan, karna bisnis rumahan adalah salah satu ragam dari kewirausahaan. kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda. Kewirausahaan juga dapat diartikan sebagai indentfikasi peluang-peluang di dalam sistem ekonomi. Sedangkan Bisnis rumahan adalah usaha yang kita lakukan dengan berbasis di rumah, bisnis rumahan sebenarnya membutuhkan waktu yang banyak untuk mengembangkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar