بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Rabu, 30 Maret 2016

Proposal usaha

I . A. Latar Belakang

  Dalam suatu pemasaran banyak sekali bentuk dan macam-macam aneka ragam makanan dari yang ringan hingga yang berat dan dari yang murah  sampai yang mahal. Dalam kebutuhan sehari-hari banyak sekali aktivitas yang dijalani oleh setiap orang. Dengan aktivitas yang semakin padat, membuat banyak orang membutuhkan asupan makanan tambahan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Makanan-makanan yang tersedia dipasaran saat ini memang sudah beragam, serta harga yang ditawarkan juga kebanyakan terlalu mahal.
  Pada saat ini banyak orang yang serba ingin praktis dalam makanan. Maka dari itu saya akan menjual usaha makanan donat ini dengan pembuatan yang berbeda agar orang yang menyukai makanan ini tidak merasa bosan karena banyaknya kalangan masyarakat yang menyukai makanan ini.
  DOKAR (Donat Bakar) sangat berbeda dengan donat pada umumnya yaitu donat yang dibakar dulu sebelum diberi topping sehingga bisa dinikmati dalam keadaan hangat dengan lumeran cokelat yang begitu lezat menggoda.
  Dari sekian banyak minuman yang ada, kemudian saya mencoba memadukan air gula , nutrijell rasa buah dan selasih maka terciptalah Rainbow Jelly untuk menarik perhatian calon pembeli.
  Maka dari itu saya ingin menjual usaha makanan, yaitu usaha makanan “DOKAR (Donat Bakar)” dan produk pendampingnya yaitu “Rainbow Jelly”.

B. Visi
  Menjual produk yang mengenyangkan dengan harga terjangkau dan menarik minat konsumen untuk mencicipi donat dan rainbow jelly dengan inovasi yang baru.

C. Misi
  • Memperkenalkan inovasi baru donat kepada masyarakat
  • Memberikan pelayanan yang baik
  • Menciptakan produk makanan yang sehat dan bergizi untuk dikonsumsi

 Tujuan
  Usaha yang saya dirikan ini bertujuan untuk mengikuti salah satu persyaratan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) bidang Pemasaran 2013/2014. Mengajak masyarakat untuk hidup sehat dengan produk cemilan yang kita tawarkan tanpa menggunakan bahan pengawet.

II. TINJAUAN PASAR

A. Aspek Pemasaran

Produk yang dijual

  Menjual Dokar sebagai makanan dan Rainbow Jelly sebagai minuman. Makanan dan minuman tersebut terjamin bersih , tidak menggunakan bahan pengawet sehingga saat disantap aman dan dapat dinikmati.

Sasaran Pembeli

  Sasaran pembeli adalah Mahasiswa, Para Dosen serta Karyawan/staff.
  Lokasi Penjualan/Bazar
  Lokasi penjualan berlokasi di Kampus-Kampus
  Jl. H.terin  No.99 Depok 16043 Jawa Barat.

Strategi Pemasaran

  Strategi pemasaran yang digunakan adalah dengan menyapa atau memberi salam kepada pengunjung dan mengunakan alat promosi(brosur dan banner), serta memberikan tester sehingga dapat menarik perhatian konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan

B. Analisis SWOT

Strength
  Produk saya memiliki kelebihan yaitu makanan yang menggunakan bahan yang alami, memiliki cita rasa yang khas dan harganya terjangkau. Makanan ini tergolong makanan yang tidak mudah didapatkan karena jarang wirausaha yang menjual makanan tersebut. Sehingga saya membuat inovasi agar konsumen tertarik untuk membeli produk saya.

Weakness
  Karena produk saya menggunakan bahan alami sehingga tidak tahan lama. Produk saya  hanya mampu bertahan selama empat hari jika tidak disimpan dalam freezer.

Oppuortunity
  Saat ini banyak makanan yang mengandung bahan berbahaya dan menimbulkan penyakit. Maka saya ingin mengingkatkan masyarakat akan makanan yang menyehatkan yang tidak membutuhkan harga yang mahal.

Threat
  Banyak produk yang sama dengan produk kami yang  harganya relatif murah dan produknya sangat inovatif. Kami juga akan berusaha agar produk kami tidak kalah dengan produk lainnya.



Gambar Estimasi Keuangan

Jadi, berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa dalam memilih suatu usaha perlu mengetahui terlebih dahulu berbagai macam hal yang berhubungan dengan usaha yang didirikan. Seperti mengetahui peluang usaha, lokasi yang strategis, pemasaran produk dan aspek-aspek lain yang berkenaan dengan pendirian usaha, sehingga usaha yang akan dijalankan dapat berjalan dengan baik. Usaha jagung manis kukus ini merupakan suatu usaha skala kecil yang dapat membantu menciptakan lapangan usaha baru, sehingga mengurangi pengangguran. Usaha ini tidak memerlukan modal yang cukup besar, namun memerlukan perencanaan yang matang..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar