I . A. Latar Belakang
Dalam suatu pemasaran banyak sekali bentuk dan
macam-macam aneka ragam makanan dari yang ringan hingga yang berat dan dari
yang murah sampai yang mahal. Dalam
kebutuhan sehari-hari banyak sekali aktivitas yang dijalani oleh setiap orang.
Dengan aktivitas yang semakin padat, membuat banyak orang membutuhkan asupan
makanan tambahan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Makanan-makanan yang
tersedia dipasaran saat ini memang sudah beragam, serta harga yang ditawarkan
juga kebanyakan terlalu mahal.
Pada saat ini banyak orang yang serba ingin praktis
dalam makanan. Maka dari itu saya akan menjual usaha makanan donat ini dengan
pembuatan yang berbeda agar orang yang menyukai makanan ini tidak merasa bosan
karena banyaknya kalangan masyarakat yang menyukai makanan ini.
DOKAR (Donat Bakar) sangat berbeda dengan donat
pada umumnya yaitu donat yang dibakar dulu sebelum diberi topping sehingga bisa
dinikmati dalam keadaan hangat dengan lumeran cokelat yang begitu lezat
menggoda.
Dari sekian banyak minuman yang ada, kemudian saya
mencoba memadukan air gula , nutrijell rasa buah dan selasih maka terciptalah
Rainbow Jelly untuk menarik perhatian calon pembeli.
Maka dari itu saya ingin menjual usaha makanan,
yaitu usaha makanan “DOKAR (Donat Bakar)” dan produk pendampingnya yaitu
“Rainbow Jelly”.
B.
Visi
Menjual produk yang mengenyangkan dengan harga
terjangkau dan menarik minat konsumen untuk mencicipi donat dan rainbow jelly
dengan inovasi yang baru.
C.
Misi
- Memperkenalkan inovasi baru donat kepada masyarakat
- Memberikan pelayanan yang baik
- Menciptakan produk makanan yang sehat dan bergizi untuk dikonsumsi
Tujuan
Usaha yang saya dirikan ini bertujuan untuk
mengikuti salah satu persyaratan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) bidang
Pemasaran 2013/2014. Mengajak masyarakat untuk hidup sehat dengan produk
cemilan yang kita tawarkan tanpa menggunakan bahan pengawet.
II. TINJAUAN PASAR
A. Aspek
Pemasaran
Produk yang dijual
Menjual Dokar sebagai makanan dan Rainbow Jelly
sebagai minuman. Makanan dan minuman tersebut terjamin bersih , tidak
menggunakan bahan pengawet sehingga saat disantap aman dan dapat dinikmati.
Sasaran Pembeli
Sasaran pembeli adalah Mahasiswa, Para Dosen serta Karyawan/staff.
Lokasi Penjualan/Bazar
Lokasi penjualan berlokasi di Kampus-Kampus
Jl. H.terin
No.99 Depok 16043 Jawa Barat.
Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran yang digunakan adalah dengan
menyapa atau memberi salam kepada pengunjung dan mengunakan alat promosi(brosur
dan banner), serta memberikan tester sehingga dapat menarik perhatian konsumen
untuk membeli produk yang ditawarkan
B.
Analisis SWOT
Strength
Produk saya memiliki kelebihan yaitu makanan yang
menggunakan bahan yang alami, memiliki cita rasa yang khas dan harganya
terjangkau. Makanan ini tergolong makanan yang tidak mudah didapatkan karena
jarang wirausaha yang menjual makanan tersebut. Sehingga saya membuat inovasi
agar konsumen tertarik untuk membeli produk saya.
Weakness
Karena produk saya menggunakan bahan alami sehingga
tidak tahan lama. Produk saya hanya
mampu bertahan selama empat hari jika tidak disimpan dalam freezer.
Oppuortunity
Saat ini banyak makanan yang mengandung bahan
berbahaya dan menimbulkan penyakit. Maka saya ingin mengingkatkan masyarakat
akan makanan yang menyehatkan yang tidak membutuhkan harga yang mahal.
Threat
Banyak produk yang sama dengan produk kami yang harganya relatif murah dan produknya sangat
inovatif. Kami juga akan berusaha agar produk kami tidak kalah dengan produk
lainnya.
Gambar Estimasi Keuangan
Jadi, berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa
dalam memilih suatu usaha perlu mengetahui terlebih dahulu berbagai macam hal
yang berhubungan dengan usaha yang didirikan. Seperti mengetahui peluang usaha,
lokasi yang strategis, pemasaran produk dan aspek-aspek lain yang berkenaan
dengan pendirian usaha, sehingga usaha yang akan dijalankan dapat berjalan
dengan baik. Usaha jagung manis kukus ini merupakan suatu usaha skala kecil
yang dapat membantu menciptakan lapangan usaha baru, sehingga mengurangi
pengangguran. Usaha ini tidak memerlukan modal yang cukup besar, namun
memerlukan perencanaan yang matang..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar